RESENSI NOVEL SELENA dan NEBULA – TERE LIYE


RESENSI NOVEL SELENA dan NEBULA – TERE LIYE

Identitas Buku

Judul                       : Selena
Penulis                    : Tere Liye
Penerbit                   : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman     : 368 halaman
Tahun Terbit            : 2020
ISBN                       : 9786020639512

Judul                        : Nebula
Penulis                     : Tere Liye
Penerbit                   : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman      : 376 halaman
Tahun Terbit            : 2020
ISBN                        : 9786020639536


Sinopsis Selena dan Nebula – Tere Liye

            SELENA dan NEBULA adalah buku ke-8 dan ke-9 yang menceritakan siapa orangtua Raib dalam serial petualangan dunia paralel. Dua buku ini sebaiknya dibaca berurutan.
            Kedua buku ini juga bercerita tentang Akademi Bayangan Tingkat Tinggi, sekolah terbaik di seluruh Klan Bulan. Tentang persahabatan tiga mahasiswa, yang diam-diam memiliki rencana bertualang ke tempat-tempat jauh. Tapi petualangan itu berakhir buruk, saat persahabatan mereka diuji dengan rasa suka, egoisme, dan pengkhianatan.
            Ada banyak karakter baru, tempat-tempat baru, juga sejarah dunia paralel yang diungkap. Di dua buku ini kalian akan berkenalan dengan salah satu karakter paling kuat di dunia paralel sejauh ini. Tapi itu jika kalian bisa menebaknya.
            Dua buku ini bukan akhir: Justru awal terbukanya kembali portal menuju Aldebaran.

___________________________________________________________________________
 Resensi Selena dan Nebula – Tere Liye

            Bagaimana seandainya kamu adalah seseorang yang memiliki rahasia yang sangat besar, dan kamu berusaha menyembunyikannya dari orang lain? Entah itu rahasia tentang masa lalu seseorang yang kamu ketahui, masalah perasaan yang kamu tidak ingin orang lain tahu, bahkan jika itu sebuah rahasia diam-diam bersekutu dengan seseorang yang punya kekuatan paling besar di dunia paralel hanya karena kamu ingin sesuatu pula darinya? Bagaimana? Sanggupkah kamu brsembunyi dibalik setiap rahasia itu? Saya rasa sih, kita tidak akan mampu bersembunyi, karena suatu saat, cepat atau lambat semua rahasia yang coba disembunyikan akan terbongkar juga. Dengan cara yang baik atau bahkan cara di luar nalar kita. Nah, novel Selena dan Nebula ini penuh dengan rahasia. Tentang siapa sebenarnya seorang guru Matematika yang selalu muncul untuk membantu Raib, Ali, dan Seli (pada novel-novel sebelumnya) yang bernama “SELENA”. Pun, tentang siapa sebenarnya orangtua Raib yang telah lama ia cari tahu. Ya, novel ini membongkar rahasia-rahasia itu secara apik.

            Kisah ini bermula dari kehidupan seorang gadis kecil yatim piatu di sebuah distrik di Klan Bulan. Dia adalah Selena. Gadis cilik yang memiliki mata tajam seperti elang, juga ingatan sekuat gurat air di sungai-sungai jauh, yang harus merasakan pedihnya ditinggal sosok ayah dan ibu. Namun, kesedihan itu seakan sirna ketika ia bertemu paman, bibi serta anak-anak mereka di kota besar yang menganggap dirinya seperti anak kandungnya. Meskipun Selena dituntut untuk bekerja dengan pamannya bukan bersekolah, diam-diam ia juga belajar keras untuk sebuah cita-cita. Hingga ketika mencapai usia tujuh belas tahun, ia memilih untuk pergi dari rumah pamannya dan masuk ke sekolah ternama di Klan Bulan yaitu Akademi Bayangan Tingkat Tinggi (ABTT). Meskipun awalnya ia gagal, tetapi ada sedikit celah yang membuat ia berhasil masuk ke sekolah tersebut. Sebuah rahasia yang tidak seorang pun boleh tahu, termasuk paman dan bibinya.

            Setelah ia berhasil masuk ke Akademi Bayangan Tingkat Tinggi (ABTT), kedua novel ini akan menceritakan dengan baik keseharian Selena sebagai seorang mahasiswa. Juga ketika Selena dipertemukan dengan dua sahabat yang memiliki kekuatannya masing-masing, Mata dan Tazk. Meski mereka bertiga datang dari distrik yang berbeda-beda, tetapi itu bukan membuat mereka menjauh. Melainkan membuat persahabatan mereka begitu erat dan selalu bekerja sama dalam memecahkan masalah. Bahkan mereka akan melakukan petualangan-petualangan besar meskipun itu adalah petualangan ke klan  yang terlarang dan melanggar aturan. Tetapi, ambisi mereka lebih kuat, tekad mereka telah bulat. Mereka siap untuk menghadapi segala risiko yang ada.

            Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Itu mungkin adalah sebuah peribahasa yang tepat untuk mengungkapkan akhir dari petualangan mereka bertiga. Petualangan mereka diluar perencanaan sebelumnya. Ada hal-hal yang membuat itu terjadi. Masalah perasaan yang berakhir dengan sebuah pengkhianatan. Egoisme, rasa kecewa akan cinta yang tak terbalas, membuat semuanya rusak. Akan tetapi ada cinta yang lebih besar dan tulus, yaitu pengorbanan seorang sahabat. Tazk yang rela kehilangan seluruh kekuatannya. Mata, keturunan pemilik kekuatan murni Klan Bulan mengerahkan seluruh kekuatannya demi meyelamatkan sahabat-sahabatnya meskipun ia harus bertaruh nyawa.

            Nah, bagaimana akhir kisah persahabatan dan petualangan mereka?
Kalau menebak-nebak rasanya ga asik ya, baiknya sih kalian baca saja langsung novelnya. Akan lebih baik baca dari novel Bumi (buku pertama) agar kalian bisa terbawa ke dalam petualangan mereka yang penuh imajinasi perihal dunia paralel dan seluk beluknya. Apalagi, kita akan memperoleh banyak ilmu pengetahuan tentang berbagai teknologi serta kehidupan alam atau tentang pentingnya pengorbanan dalam hidup. Alur campuran yang digunakan, bahasa yang mudah pahami dan sederhana menambah semangat untuk membaca serial Bumi ini, lho. Ah, karya yang manis. Selamat membaca dan bertualang J

“…Kamu memiliki teman. Teman-teman terbaik. Ah, di dunia ini, teman sejati adalah harta karun terbaik.” Bibi Gill, “Nebula”, halaman 215.


 #LombaResensiTereLiye2020


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi dan Sinopsis Novel Matahari - Tere Liye

Perempuan Penggenggam Rindu